SIde

Kumpulan Informasi MayaKumpulan Informasi MayaKumpulan Informasi MayaKumpulan Informasi Maya

twitter

Ged a Widget

26 July, 2012

Tips Merawat Sepatu


dulu gw suka kesel banget sama yg namanya sepatu rusak. apalagi gw orangnya termasuk manusia perfeksionis, jadi kali rusak dikit ya udah g niat lagi. kebiasaan buruk? emang dan gw g suka sama itu sobs.

nah belakangan setelah menghimpun informasi dari berbagai macam jenis manusia dan temen2 gue, akhirnya dapet sedikit tips buat ngerawat sepatu, VERSI GUE! #ketawasetan

sepatu adalah bagian dari hidup kita, berikan kasih sayang. bener sobs, sepatu itu sama kaya handphone, sama kaya laptop, dan juga tivi. meskipun materialnya berbeda tetep aja kita butuh sama dia. so, pikirin tentang keselamatan doi selama pemakaian. beberapa tips adalah:

  • jangan suka nyeret kaki ke tanah. terlepas dari kebiasaan, sepatu paling sering rusaknya di sol alias bagian bawahnya gara2 diseret. nah usahain jalan tuh kaknya di angkat. lagipula kalo jalan di seret2 (maaf ni gan) orang2 kantoran banyak yg memandang rendah (pengalaman)
- penaggulangannya dengan berjalan properly, setiap jalan sepatu di angkat bukan diseret.
  • perhatikan bener-bener, udah lepas apa belom, udah pantes diganti apa masih bisa dibenerin. sepata kadang hanya butuh di lem lagi sol nya, g perlu sampai di buang. cukup beli lem kuat khusus buat sepatu atau pergi ketukang sepatu juga udah cukup.
- jangan terlalu sering menekuk sepatu. semakin sering di tekuk sol nya semakin cepet lepas, karena lem sepatu sekuat apapun tidak akan bisa bertahan kalo sering dipaksa.
  • sebisa mungkin hindari sepatu counter air alias kebasahan. sepatu kulit sekalipun punya batas ketahanan terhadap air. air bisa melunakkan benang-benang dan serat-serat dari sepatu bikin sepatu cepet lapuk dan gampang robek. 
- seandainya pun terpaksa kena airsebisa mungkin setelah di pakai langsung di jemur atau minimal diselimutin pake kain kering yg punya daya serap tinggi, tujuannya memisahkan air dari sepatu sesegera mungkin.
  • jangan dipake terlalu sering, kebiasaan mahasiswa kaya gw biasanya punya satu atau dua sepatu seumur hidup. itu hemat, tapi tidak baik untuk sepatu. semakin sering sepatu dipakai, semakin pendek umurnya. alasannya adalah karena material-materail sepatu juga dapat terkikis dan hilang tertelan waktu. ada baiknya punya tiga atau empat pasang sepatu, biar bisa ganti2 dan sepatu  cepet aus. lagipula semakin sering pake sepatu yg sama kan jadi g modis :p
- sebisa mungkin punya 2 atau 4 sepatu, yg murah g apa2 yg penting gonta ganti. biar sepatu bisa kerawat dan g cepet terkikis
  • jangan terlalu aktif menggunakan sepatu kecuali untuk sepatu yg dikhususkan untuk olahraga. keringat, sadar atau tidak, dapat merusak komponen sepatu, paling sering di bagian dalem. keringat dari kaki kita terserap di saepatu dan susah untuk kering karena kita selalu menggunakan sepatu seharian. ini bisa bikin sepatu bau, penuh bakteri dan gampang lapuk.
- usahakan jangan terlalu aktif ketika menggunakan sepatu yg bukan dikhususkan untuk olahraga. jangan terlalu sering berkeringat dan bila ada kesempatan lepaskan sepatu dari kaki anda. keringkan, angin2in, sepatu seneng digituin. sepatu juga bisa di kasih deodorant spray, tujuannya buat membunuh bakteri yg ada dalem sepatu sekaligus menghilangkan bau dalem sepatu. gw udah sering pake cara ini, dan kaki gue udah g bau lagi!! XD
  • buat sepatu pantofel, kalo gue sih biasanya suka ngasih pelembab kulit (minta aja sama temen-temen cewe bros semua, pasti ada yg sisa), tujuannya buat tetep melembabkan sepatu dan menghindari pengelupasan kulitnya karena kering.

sedikit langkah untuk merawat sepatu tanpa dicuci:

1. sediakan sepatu sepasang, spray deodorant, dan sikat sepatu

2. trus lepasin tali sepatu dari sepatunya. 

3. sika bodi sepatu dengan sikat sepatu. sampai debu-debu dan kotoran disepatu ilang. kalo sepatunya kulit pake lap basah juga bisa, pokoknya dibersihin deh! ^^

4, jangan lupa tali sepatunya juga

5. selanjutnya sepatunya di angin-anginin bentar. kalo bisa jangan langsung dibawah matahari, biar sepati engga kering dan keropos.

6. setelah itu ambil deodorant spray, trus emprotin kedalem sepatu. tujuannya buat ngebunuh bakteri sekaligus ngasih perlindungan dari keringat.

7. angin-anginin lagi sebentar, trus disimpen deh. pengalaman gw sih sepatu g bakal cepet rusak, walaupun g pernah dicuci. dan sepatu juga g cepet bau. kalo bisa langkah ini diulangin 3 minggu sekali ya. ^^

0 comments: