SIde

Kumpulan Informasi MayaKumpulan Informasi MayaKumpulan Informasi MayaKumpulan Informasi Maya

twitter

Ged a Widget

05 August, 2011

Janji Gue

inget bintang itu,yang satu paling terang. Kalo kamu keilangan aku, bintang itu bakal jadi kompas kamu buat nemuin aku lagi…”

            Angkot 27, kaya biasa penuh sesak ama ibu-ibu dan bapak-bapak yang mau berangkat kerja pagi hari ini. Mungkin kalo diliat kedalam, Cuma gue yang masih muda dan seger, sekaligus bawa bawaan paling berat dan mata yang paling sayu. Semalem emang malem paling berat buat gue, walaupun baru semester satu, gue udah dapet tugas numpuk dan enggak gampang. Awalnya sih gue bawa santai aja, belakangan gue baru sadar kalo dosen gue emang niat mahasiswanya begadang semaleman. Sebenernya enggak harus begadang juga, mungkin emang karena gue aja yang males ngerjain, yah giliran dikumpul kepepet waktu terpaksa banget begadang. Ujung-ujungnya ditemenenin ama kopi hasil ngemis ama temen sekos-an. Bener-bener badan gue rasanya kaya balon, masuk angin. Belum lagi dikampus hari ini mesti ngehadirin seminar buat ngisi absen, enggak boleh tidur dan gue enggak yakin gue bakal ngikutin peraturan itu.
            Ngelamun diangkot jadi aktivitas nikmat kadang. Gue bukan tipe orang yang suka ngelamunin yang enggak enggak, gue masih polos bung. Gue baru pindah ke sini baru 4 bulan buat kuliah di universitas negeri yang ada disini. Untung-untungan gue lulus dengan nilai paling tinggi, jadi enggak dibebanin biaya yang nyulitin ortu. Gue bersyukur banget bisa masuk dengan cara itu, beda ama temen-temen gue yang masuk dengan cara enggak tulus dan lulus. Gue sih enggak iri mereka bisa masuk dengan cara itu, iri juga ortu gue enggak bakal sanggup bayar dengan jumlah yang bisa bikin dompet gue bengkak. Kuliah jauh dari rumah sering banget bikin gue kurang betah. Jauh dari rumah, keluarga temen dan pacar, ya terutama pacar. Dan diedisi pagi ini, gue ngelamunin pacar gue, mantan pacar tepatnya. Gue emang bukan cowo yang ganteng banget, tapi tetep aja gue punya kesempatan buat punya pacar. Cewe itu, pacar gue seorang cewe. Mungkin gue emang udah berapa kali pacaran, tapi gadis jenis ini gue baru nemu. Memang tiap cewe punya spesialnya sendiri, termasuk pacar gue kali ini. Tapi memang ada sesuatu yang lebih di diri dia yang orang laen gue enggak pernah ketemu. Masuk tahun kedua pertengahan tahun tepatnya, gue udah jadi pacar dia udah lama. Dan bersyukur kepada tuhan, gue masih sayang banget sama dia, sampai saat ini tentunya. Sejak kepindahan gue buat kuliah diluar kota kelahiran gue, jadi hari-hari yang berat buat gue, apalagi mesti ninggalin dia yang memang selama ini jadi sandaran emosi gue kalo lagi enggak stabil. Sulit memang jauh dari orang yang kita sayang, dan susah buat ngelupain apa yang udah kita lakuin sama-sama.
            Hari-hari gue selama satu setengah tahun ama dia enggak ada yang bisa gue lupain, keinget mulu tiap malem, sama kaya malem ini. Teh anget 2000-an yang gue beli barusan masih ngepul asepnya. Ditemenin biscuit kelapa, gue duduk digenteng kosan yang kebeneran bisa dipanjat. Untungnya atepnya kuat, bisa dipanjatin kira-kira 4 orang dewasa. Dan tiap malem kalo enggak ujan gue duduk disana, sambil ngeliatin bintang, ya bintang satu yang terang. Lo pernah liat kan, ada satu bintang yang selalu terang dilangit sana. Meskipun kalo hari lagi mendung atau berawan, dia bakal bersinar seterang yang dia bisa, nah itu bintang yang gue maksud. Banyak sih pasangan-pasangan yang mengklaim kalo itu bintang mereka, jadi lambang cinta mereka, jadi bukti kalo mereka saling mencintai, tapi enggak buat gue. Malem yang sama, 24 november, dikondisi yang sama cerah dan berawan. Udah satu tahun waktu yang gue maksud berlalu, dan gue masih nginget semua yang terjadi malem itu, setiap kata-kata yang dia keluarin dari bibir merahnya yang imut dan ngegemesin, each word. Jam 7 malem gue siapin diri dandan yang rapi, rambut digerayangin ampe keliatan ganteng, baju dirapiin, disetrika ampe setengah angus, parfum baru gue yang gue beli siang tadi langsung diperawanin, yang seumur-umur ke sekolah aja paling enak pake sendal malem itu gue relain bekep kaki gue pake sepatu. Dengan modal sepuluh ribuan gue langsung tancep pol naek motor butut kesayangan gue menembus angin malem yang menusuk ke busi, dengan satu tujuan mulia_NGAPEL!
            Gue enggak bisa ngerti apa yang lagi dilakuin ama jantung gue didalem dada gue, dari mulai mandi sore uda deg-degan enggak karuan. Bulu kuduk merinding semua, bergetar ngalahin spakbor motor gue yang udah longgar kalo di gas kenceng. Sore itu kepala gue enggak ada pikiran laen selaen mikirin kata-kata gombal ampuh yang bisa gue pake malemnya. Ampe berangkat tadi gue enggak bisa konsentrasi, belanjaan titipan nyokap ampe enggak inget sama sekali, begitu senengnya bisa ngapel lagi setelah sekian lama enggak dibolehin. Yang gue inget Cuma dia, dia dan dia. Sekitar 15 kilo gue kebut motor gue, macet dan jalan rusak enggak gue peduliin, prioritas gue Cuma bisa sampai ditempat tepat waktu. Walaupun iri ngeliat anak-anak dipinggir jalan pada nongkrong dan mesra-mesraan ama pacarnya, tapi tetep gue simpen dalem ati. Sabar dan tahan dan gue simpen buat gue tumpahin disebelah dia kalo udah sampai dirumahnya dan ketemu dia.
--------
            Mata gue belang. Mungkin karena udah lama enggak ngeliat dia natural banget kaya sekarang. Cuma pake baju rumahan, tanpa make up atau sebagainya, jilbabnya kepasang rapi meskipun malem itu doi enggak kemana-mana. Cantik banget dan gue suka. enggak pernah kepikir ama gue sebelumya kalo jauh didalemnya ternyata pacar gue memang cewe yang cantik dan manis banget. Dia buka pintu, ngintip sampai akhirnya setelah dia kenalin wajah ancur gue yang lagi nongkrong depan pager rumahnya, baru dia keluar dan bukain pager buat gue dan motor kesayangan gue. Gue inget banget cara dia nyuruh masuk, “masuk dulu gih, motornya juga biar kalian enggak kedinginan.” Standarin motor, ngunci stang dan lepasin helm, baca doa dan enggak lupa ngambil oleh-oleh yang sengaja gue beli dijalan buat dia dan keluarganya. Setelah hand over semua yang udah gue punya ke dia, gue disuruh duduk diterasnya yang kecil. Dia masuk sebentar dan balik lagi, duduk didepan gue, diem nungguin gue ngomong, kayanya dia enggak tau kalo gue bener-bener lagi bengong ngeliatin mata dia yang entah kenapa bener-bener putih dan bersinar banget kena lampu teras. Dia megang tangan gue, dan sudden move dari dia ngagetin gue yang lagi bengong enggak keruan. Gue kaget dan tampang wajah ancur gue, ekspresi jelek muka gue yang bakal otomatis kalo gue kaget atau bersin, bikin dia ketawa kecil. Dan gue rasa gue enggak sia-sia kaget gara-gara dia, senyum selingan ketawanya selalu gue inget. Senyumnya lebar, lepas dan keliata sebaris gigi yang rapi dan kuat, sudut-sudut mata yang langsung sipit dan kerutan dipinggiran mata yang berangsur ilang, nunjukin kalo dia emang ketawa lepas dan enggak disengajain. Mungkin dia ngerasain hal yang sama sama gue, pengen sedikit privasi dari orang tua, jadi dia ngajak gue duduk di tempat duduk deket pager, biar enggak kedengeran.
            Ngobrol berdua sama dia bener-bener ngilangin berat di dada gue. Ketawa gue dan ketawa dia, enggak bisa berenti. Pegangan tangan dia enggak bikin konak, anget dan lembut, sentuhan tangan yang orang bilang penuh kasih. Gue enggak tau apa yang disebut sayang, tapi mungkin perasaan yang gue rasain malem itu ngasih tau gue kalo rasa itu adalah rasa sayang. Sesaat gue lupa ama semua yang udah gue lewatin sama dia, focus gue Cuma dia. Semua yang gue bicarain Cuma omong kosog yang bisa bikin dia ketawa, bahagia dan seneng dengan kedatangan gue malem itu. Pandangan matanya seakan ngunci mata gue buat selalu natap dan perhatiin mata dia sampai ngalihin mata gue dari jam tangan yang udah teriak bisu kalo sekarang udah jam 10 malem, batas jam maksimal yang ditetapin ama orang tuanya buat malem mingguan. Panggilan orang tuanya dari dalem rumah juga nyadarin gue dari kesenengan kita berdua ngobrol malem itu. Dan setelah ngobrol sedikit sebagai penutup, dia nyinggung rencana gue kuliah diluar kota. Dari matanya keliatan sayu dan sedih. Dia enggak ngelarang, tapi juga enggak seneng gue keluar kota. Butuh waktu setengah jam dan omelan orangtuanya dari dalem rumah buat ngejelasin sama dia sampai akhirnya dia ngerti kalo gue niat kuliah diluar kota buat tujuan yang bae, sampai akhirnya dia mau ngerti, walaupun keliatan belum rela. Terakhir setelah gue pamit dan minta maaf ama orangtuanya, gue idupin mesin motor dan dia megang lengan gue, ngeliat ke langit dan nunjuk bintang itu. Gue ngira dia bakal kaya orang lainnya, bilang kalo bintang itu bintang punya gue dan dia, sebagai saksi kalo dia pacarnya gue, enggak dia enggak kaya gitu. Dia cuma bilang “inget bintang itu,yang satu paling terang. Kalo kamu keilangan aku, bintang itu bakal jadi kompas kamu buat nemuin aku lagi,” gue senyum ringan dan iyain kata-kata dia, ngecup keningnya dan ngacir dari rumahnya.
            Belakangan, setelah hampir setengah tahun gue jauh dari dia tanpa pernah ketemu dia lagi, gue baru sadar kata-katanya itu, walaupun simple, tapi dalem dan penuh arti. Dia enggak pernah berharap gue bakal selalu ada disampingnya, dia enggak pernah berharap gue jadi body guard-nya yang ngikutin dia kemanapun dia pergi, tapi dari kata-kata itu tersirat rasa sayang dan harapan dia biar gue janji sama diri gue sendiri, bahwa kalo suatu hari kalo gue ninggalin dia atau putus dari dia kaya yang sekarang udah kejadian karena alasan yang bakal gue ceritain ama lu di kesempatan selanjutnya, dia Cuma berharap kalo gue bakal nyari dan kembali buat dia dan bawa perasaan yang pernah gue kasih buat dia, kembali ada disamping dia dan ngebuktiin janji gue buat sayang sama dia selamanya, that’s it. Gue nyesel dan ngerasa goblok banget, tapi gue udah nguatin hati dan janji, bahwa suatu hari nanti, setelah gue udah punya semua yang gue butuhin buat kembali sama dia, setelah gue siap dan sanggup buat berjuang, berkompetisi dengan lelaki lainnya buat ngerebut dia lagi, gue bakal kembali sama dia, buat nunjukin kalo dia selalu ada di hati gue selama ini.
            Bahwa selama waktu-waktu gue ninggalin dia gue enggak pernah semalem pun ngelupain semua yang udah dia kasih sama gue, enggak pernah punya niatan buat ngelupain dia. Dan pada saat yang gue nanti itu, gue akan dateng ke dia, natap dia kaya yang selalu gue lakuin dulu, sambil ngebawa bintang (cie..) yang udah ngebantuin gue buat nginget dan nemuin jalan pulang gue biar sampai tepat didepan matanya. Bintang itu, dia, dan semua kenangan gue mungkin bakal gue simpen sekarang, tapi gue bisa janjiin dan buktiin kalo semua Cuma akan tersimpan buat waktu yang sebentar, dan enggak bakal hilang barang sedetikpun kenangan gue. Tunggu gue, tunggu aja 4 tahun lagi, sampai akhirnya gue bisa kembali ke elu dan ngelanjutin takdir kita yang ketunda…

            Tunggu gue, sisain satu tempat yang bakal gue isi, gue sayang elu…

0 comments: